PENERAPAN METODE MARK UP PRICING BERBASIS FULL COSTING DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL PRODUK
Main Article Content
Abstract
This scientific paper aims to evaluate the selling price determined by the company and compare it with the selling price calculated using the mark-up pricing method, based on the full costing method of calculating the cost of production. This study uses primary data, with data collection methods including interviews and observation. The results of this research show a difference between the selling price set by the company and the one calculated using the mark-up pricing method. The company’s calculation resulted in a value of Rp 20,384, which was rounded down to Rp 20,000, while the mark-up pricing method yielded a value of Rp 23,776.98. This difference is due to the fact that the company has not accounted for all costs involved in the production cost calculation process.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anisa, A., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis Harga Pokok Produksi Penjualan Pada Umkm Zamel Snack Karawang. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 290–300. https://doi.org/10.55681/primer.v1i3.145
Artika, R., Alexander, S. W., & Latjandu, L. D. (2025). Penerapan metode cost plus pricing berbasis full costing dalam penentuan harga jual jual pada Pabrik Tahu Triple S. Manajemen Bisnis Dan Keuangan Korporat, 3(1), 196–206. https://doi.org/10.58784/mbkk.296
Handayani, S., & Ghofur, A. (2019). Penerapan Cost Plus Pricing Dengan Pendekatan Full Costing Dalam Menentukan Harga Jual Pada UD. Lyly Bakery Lamongan. Akuisisi: Jurnal Akuntansi, 15(1), 42–47.
Mawardi, R., Suharyanto, & Ridarmelli. (2023). Akuntansi Biaya: Teori & Praktik. Ponorogo:Uwais Inspirasi Indonesia.
Mulyadi. (2016a). Akuntansi Biaya (Edisi 5). Jakarta: Salemba Empat.
Mulyadi. (2016b). Akuntansi Manajemen, Edisi 4 (4th ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Ramdhani, D., Merida, Hendrani, A., & Suheri. (2020). Akuntansi Biaya: Konsep dan Implementasi di Industri Manufaktur. Yogyakarta: CV Markumi.
Samryn. (2012). Akuntansi Manajemen: Informasi Biaya untuk Mengendalikan Aktivitas Operasi dan Informasi. Jakarta: Kencana.
Simanjuntak, M. C. (2018). Analisis Usaha Ternak Ayam Broiler Di Peternakan Ayam Selama Satu Kali Masa Produksi. Jurnal Fapertanak, 3(1), 60–81.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Taroreh, B. F. ., Pangemanan, S. S., & Suwetja, I. G. (2021). Analisis Penentuan Harga Jual Menggunakan Metode Cost Plus Pricing dengan Pendekatan Full Costing pada CV. Verel Tri Putra Mandiri. Jurnal EMBA, 9(3), 607–618. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/34953
Vina Sofiana, Qori Erna Lestari, Stefani Afrida, & Evi Mahaerani. (2024). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full Costing dan Penentuan Harga Jual dengan Pendekatan Cost Plus Pricing pada UMKM Es Teh Solo Cabang Rawalumbu Kota Bekasi. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 3(4), 148–157. https://doi.org/10.30640/digital.v3i4.3560
Yusnita, F. F., & Rahman, T. (2024). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing Untuk Menetapkan Harga Jual Pada Produk Es Kristal (Studi Pada UMKM Es Kristal Imam Desa Mabuun Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong). Jurnal Mahasiswa Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis (JAPB), 7(2), 1910–1922.