PENGARUH SHOPEE PAYLATER DAN FLASH SALE HARBOLNAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPEE

Main Article Content

Baiq Stevi Febriana
Stevany Hanalyna Dethan
M. Chothibul Umam Assa’ady

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel shopeepaylater (X1) dan flashsale harbolnas (X2) terhadap keputusan pembelian e-commerce di Kota Mataram.  Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif dengan pendekatan deskriptif dan kausalitas. Jumlah sampel sebesar 130 responden. Alat analisis data yang digunakan adalah SPSS versi 22.  Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa variabel shopeepaylater (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel flashsale harbolnas (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel shopeepaylater dan flashsale harbolnas berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian.

Article Details

How to Cite
Febriana, B. S., Stevany Hanalyna Dethan, & M. Chothibul Umam Assa’ady. (2025). PENGARUH SHOPEE PAYLATER DAN FLASH SALE HARBOLNAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPEE. Jurnal Aplikasi Perpajakan, 6(1), 408-420. https://doi.org/10.29303/jap.v6i1.142
Section
Articles

References

Aftika, S., & Devi, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Shopeepaylater “Bayar Nanti”Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Uin Raden Intan. 3(1), 81–100.
Ahdiat, A. (2023). 5 E-Commerce Dengan Pengunjung Terbanyak Di Indonesia (Kuartal I 2023). Databoks.
Arfah, Y., Nasution, Amallia, A. R., & Syaefulloh, S. (2023). Pengaruh Fitur Live Shopee Dan Product Browsing Terhadap Online Impulsif Buying Melalui Shopping Enjoyment Pada Produk Fashion (Studi Empiris Pada Mahasiswa Pelanggan E-Commerce Shopee Di Kota Pekanbaru). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(6), 3809. Https://Doi.Org/10.35931/Aq.V17i6.2815
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta,2014.
Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap Dengan Teknik Pengolahan Data Spss. Penerbit Andi (Anggota Ikapi). Percetakan Andi Ofsset. Yogyakarta.
Damayanti, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif (Mahasiswa Esy Iain Metro Angkatan 2019). Repository Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro.
Darwipat, D., Syam, A., & Marhawati, M. (2020). Pengaruh Program Flash Sale Terhadap Perilaku Impulsive Buying Konsumen Marketplace. Journal Of Economic Education And Entrepreneurship Studies, 1(2), 58. Https://Doi.Org/10.26858/Je3s.V1i2.18635
Diansyah, & Putri, W. N. (2023). Pengaruh Shopee Paylater Dan Fasilitas Member Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee Dengan Shopee Games Sebagai Pemoderasi. Program Studi Manajemen Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 11(2), 146–160.
Fanny. (2024). Dampak Flash Sale Dan Live Streaming Terhadap Sikap Pembelian Impulsif Di Aplikasi Belanja Online Shopee Pada Masyarakat Batang Kuis. Repository Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Presetya.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis Dan Desertasi Ilmu Manajemen.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss. Yogyakarta: Universitas Diponegoro. Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 490.
Husniyyah, T., Pantjolo, D. S. W., & Pitoyo, B. S. (2024). Pengaruh Diskon, Flash Sale, Dan Live Shopping Terhadap Keputusan Pembelian Pada Brand The Originote Di Shopee (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina, 3(2), 314–328. Https://Doi.Org/10.55681/Economina.V3i2.1203
Mentang, T. N. V., Ogi.W.J, I., & Wangke J.C, S. (2024). Pengaruh Flash Sale Dan Tagline “Gratis Ongkir” Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi Shopee Di Universitas Sam Ratulangi). Jurnal Emba, 12(3), 1574–1584.
Nurfitri, A. R., Dimyati, Winarsih, & Setyaningsih, E. (2025). Fenomena Peningkatan Penggunaan Paylater Di Indonesia Dan Dampaknya Terhadap Perilaku Masyarakat. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5, 2807–4246.
Prapmanto, U., Purwanto, E., & Ngaisah. (2025). Pengaruh Flash Sale, Cashback Dan Subsidi Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Di Aplikasi Shopee (Studi Kasus Kuantitatif Pada Muda Mudi Dukuh Krebet). Jurnal Wirausaha Dan Ilmu Ekonomi (Wiranomika), 1(1), 1–19.
Pratama Afrianto, A., & Irwansyah, I. (2021). Eksplorasi Kondisi Masyarakat Dalam Memilih Belanja Online Melalui Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 10–29. Https://Doi.Org/10.47233/Jteksis.V3i1.181
Rahmawati, N. D., Winarso, W., & Anas, H. (2023). Pengaruh Flash Sale, Live Shopping, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Brand Skintific Di Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina, 2(10), 2740–2755. Https://Doi.Org/10.55681/Economina.V2i10.897
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2003). Consumer Behavior. Nj: Prentice Hall.
Sholeha, I. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Repository Universitas Jambi.
Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D. Penerbit Cv. Alfabeta: Bandung, 225(87), 48–61.
Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D. Penerbit Cv. Alfabeta: Bandung, 225, 87.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S. Pd. Alfabeta, Cv.
Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 1–11.
Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, Dan Cara Mudah Menulis Artikel Pada Jurnal Internasional). Alvabeta Bandung, Cv.
Susanti, W., Mardani, R. M., & Normaladewi, A. (2023). Pengaruh Impulse Buying, Harga Dan Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Angkatan 2019- 2020 Di Universitas Islam Malang). E – Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 1400–1406. Http://Riset.Unisma.Ac.Id/Index.Php/Jrm
Widyaningsih, M., Pratiwi, A. S., & Indita, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Shopee Paylater Terhadap Keputusan Pengguna. Lisyabab : Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(2), 244–254. Https://Doi.Org/10.58326/Jurnallisyabab.V3i2.140
Winarno, S. H., Syarif, M., & Elvira, L. (2025). Loyalitas Pelanggan E-Commerce : Peran Inovasi Digital Dan Paylater Dengan Experiential Marketing Sebagai Intervening. 5, 52–60.