PENGARUH SELF ACTUALIZATION DAN SELF CONCEPT TERHADAP BRAND CHOICE BAGI PENDAKI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh self-actualization dan self- concept terhadap brand choice pada pendaki muda usia 17–30 tahun di Lombok. Metode yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda, menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan pengalaman mendaki dan pengetahuan merek. Instrumen penelitian telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan self-actualization dan self-concept berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand choice, baik secara parsial maupun simultan. Semakin tinggi aktualisasi diri dan konsep diri, semakin besar kecenderungan pendaki memilih brand yang sesuai dengan pencapaian, identitas, dan gaya hidup mereka. Implikasinya, produsen perlengkapan pendakian perlu menggabungkan kualitas produk dengan nilai emosional dan simbolis dalam strategi pemasaran. Mengaitkan merek dengan pencapaian pribadi, kebanggaan sebagai pendaki, dan gaya hidup target pasar dapat meningkatkan loyalitas merek.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adriansyah, D., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Go-Food Di Kota Bandung. Journal Of Entrepreneurship, Management, And Industry (Jemi), 3(3), 123–128.
Agustin, S. N., Mulyadi, D., & Sungkono. (2024). Pengaruh Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik Somethinc. 2(4), 500– 509.
Al-Faaruuq, M. U. (2024). Hubungan Tingkat Partisipasi Perempuan Dalam Pengelolaan Desa Wisata Dengan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat ( Kasus : Perempuan Desa Wisata Senaru , Kecamatan Bayan , Kabupaten Lombok Utara , Nusa Tenggara Barat ) The Correlation Between The Level Women ’ S Participation In The Management Of Tourism Village And The Level Of Community Welfare ( Case : Senaru Tourism Village Women , Bayan District, North Lombok Regency , West Nusa Tenggara ). 08(01), 41–55.
Alfinur, R., & Sakti, P. (2022). Hubungan Antara Aktualisasi Diri Dengan Kepuasan Kerja Pada Guru Di Sdit Samawa Cendekia 1. 5(1).
Anam, C., Husna, P. I. A., & Wahyuni, I. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Konsumen, Kualitas Produk, Ekuitas Merek Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Eiger Mojokerto. 6(1), 1–16.
Anjanarko, T. S., & Mardikaningsih, R. (2022). Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Pemilihan Merek Maskapai Penerbangan. 5(2), 100–108.
Aprelianto, G., Setiawan, A., & Prestilliano, J. (2022). Perancangan Board Game Sebagai Media Pembelajaran Tentang Pendakian Gunung. 06(01), 14–28.
Apriany, A., Gendalasari, G. G., & Fadillah, A. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amdk Summit. 10(1), 105–114. Https://Doi.Org/10.37641/Jimkes.V10i1.1278.
Arianto, T., & Erlita, E. (2021). Pengembangan Karir ( Survei Pada Pt . Bukit Angkasa Makmur Bengkulu Tengah ). 9(1), 97–108.
Asnawi, A., & Rais, M. (2020). Loyalitas Konsumen: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Merek Sepatu Olahraga. 1–12.
Azizah, R. L., Annisa, S. K., & Atikasari, F. (2024). Pengaruh Konsep Diri Dan Kepercayaan Diri Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Di Sociolla. 07(2), 136–150.
Azzahra, F., Amin, N., & Asfari, B. (2024). Pengembangan Aktualisasi Diri : Kajian Pustaka Tentang Faktor Penghambat Dan Strategi Pendukung. 4(2), 84–92. Https://Doi.Org/10.17977/10.17977/Um070v4i22024p84-92
Balqis, A., Ajiziyah, N., & Peprianti, I. T. (2024). Yume : Journal Of Management Analisis Perbandingan Peranan Tagline Pada Iklan Le Minerale Dan Aqua Terhadap Brand Aweraness Kota Balikpapan. 7(3), 1142–1150.
Berlianto, M. P. (2022). Pengaruh Brand Identification, Self-Image Expression, Sense Of Natural Environment, Layout, Dan Brand Passion Terhadap Brand Loyalty. 341–349.
Budiasih, I. U., Sari, Y. P., & Mahmudah, N. (2022). Pengaruh Persepsi, Gaya Hidup Dan Konsep Diri Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Pada Toko Emas Hidup Putri Banjaran. 1–8.
Budiati, A. C. (2010). Aktualisasi Diri Perempuan Dalam Sistem Budaya Jawa ( Persepsi Perempuan Terhadap Nilai-Nilai Budaya Jawa Dalam Mengaktualisasikan Diri ). 0271.
Bungsu, R., & Rosadi, K. I. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Berpikir Sistem : Aspek. 2(2), 205–215.
Chairunisa. (2022). Aktualisasi Diri: Pengertian, Konsep, Metode Dan Contohnya Dalam Kehidupan. Dailysocial.Id. Https://Dailysocial.Id/Post/Aktualisasi- Diri
Chandra, F., Tiana, S. B., Pattimura, U., & Ekonomi, F. (2023). Kinerja Karyawan Pada Kantor Penyiar Rri Ambon The Influence Of Self-Actualization And Expected Rewards On Employee Performance At The Rri Ambon Broadcasting Office. 01(1), 26–35.
Dana, I. K. R. (2024). Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow Dalam Proses Pembelajaran Seni Karawitan Di Smp Negeri 1 Kubutambahan. 4, 153–159.
Dayat, M. (2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. 1, 299–318.
Elisa, & Dwiarti, R. (2018). Yogyakarta Abraham Maslow ’ S Hierarchical Approach To Employee Performance Of Madubaru Limited Company ( Pg Madukismo ) Yogyakarta. 6(1), 58–77. Https://Doi.Org/10.26486/Jpsb.V6i1
Faisal, I. A., Riza, W. L., & Leometa, C. H. (2024). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Celebrity Worship Pada Remaja Pecinta J-Pop Culture Di Karawang Terutama Di Bidang Produksi Pop Culture . J-Pop. 3297, 535–545.
Fietroh, M. N. (2023). Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen Cafe Melalui Self Actualization , Word Of Mouth Dan Hangout Lifestyle. 23, 313– 322.
Firdaus, A. A., Frizahary, L. P., Awiya, M. I., Sholeha, N., & Panjaitan, H. (2023). Pengaruh Self Actualization, Gaya Hidup Hangout Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kedai Kopi Pada Generasi Milenial. 3(2)
Firmansyah, R. F., N, S. H., Khasani, I., Dewi, R., & Darsono, B. (2024). Perancangan Visual Kemasan Untuk Kedai Ummi.
Gobel, C. Y., Isla, M., Labolo, I., & Ali, S. D. (2024). Perancangan Aplikasi Penyewaan Peralatan Pendakian Berbasis Android Pada Polahi Adventure. 2, 65–72.
Hadija Abudi, Taan, H., & Ishak, I. M. (2023). Pengaruh Aktualisasi Diri Terhadap Keputusanpembelian Di Babe Café And Rooftop Padagenerasimilenial Gorontalo. 7(3), 464–476.
Hamizar, A., Nacikit, M. R., & Holle, M. H. (2024). Perilaku Adopsi Cahsless Sebagai Dampak Insentif. 2(1), 49–59.
Hasan, A. (2017). Power Relationship Marketing Dalam Bisnis. 531–556.
Intan, V., & Widyasari, S. (2024). Pengaruh Kepercayaan Merek , Brand Ambassador Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Konsumen Produk Kosmetik Wardah Di Kota Semarang ). 9(September), 250–261.
Jamaludin, A., Smp, U., Satui, N., Transmigrasi, J., Desa, R., Satui, K., Bumbu, K. T., & Pos, K. (2022). Analisis Struktur Teks , Kognisi Sosial , Dan Dimensi Sosial Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye ( Analysis Of Text Structure , Social Cognition , And Social Dimensions In Novel Pulang Creation Tere Liye ). 12(1), 49–66.
Jarti, N., & Sepriwedi. (2018). Implementasi Logika Fuzzy Untuk Pemilihan Sepeda. 2(1), 51–58.
Julito, K. A., Prasetyo, S., & Khoiri. (2024). Implementasi Kebijakan E-Faktur Dalam Meningkatkan Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kelapa Gading 2021-2023. 9(1), 14–28.
Kartika, B., & Irvawan, R. (2023). Pengaruh Aktualisasi Diri Dan Gaya Hidup Hangout Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopi Konnichiwa Di Kota Depok Tahun 2023. 3(55), 578–590.
Khofifah, S., & Supriyanto, A. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Citra Merek, Online Customer Review, Selebrity Endorsement Dan Perceived Advertising Value Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Yang Bersertifikat Halal. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi, 15(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.58431/Jumpa.V15i1.187
Khoiriyah, S. F., & Hakim, Z. A. (2021). Perilaku Konsumtif Produk Kosmetik Ditinjau Dari Konsep Diri Pada Mahasiswi. 4(1), 21–37.
Khuan, H., Setiawan, Z., Munizu, M., Sintesa, N., Sono, M. G., & Dahlan, U. A. (2023). Edunomika – Vol. 8, No. 1, 2023 Hubungan Keterikatan Merek Emosional, Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. 8(1), 1–9.
Kurniawan, S. F., & Patmarina, H. (2024). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sembako Pada Pt Sinar Setia Di Bandar Lampung. 8(2), 715–720.
Kusumadewi, R. (2016). Perilaku Pemilihan Merek Antara Pria Dan Wanita: Penelitian Pada Industri Smartphone. 8(2), 543–556.
Liang, Y., Xu, Q., & Jin, L. (2021). The Effect Of Smart And Connected Products On Consumer Brand Choice Concentration. Journal Of Business Research, 135(June), 163–172. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jbusres.2021.06.039
Luas, G. N., Irawan, S., & Windrawanto, Y. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Efikasi Diri Dalam Memecahkan Masalah Melalui Konseling Individual Di Smk Hidayah Semarang. 29–40.
Nugroho, A., Florina, I. D., Edy, S., & Tegal, U. P. (2024). Menggali Strategi Visual Dan Naratif @ Tokomerekah Dalam Membangun Brand Identitas Di Instagram. 5(3), 3158–3169.
Nurfatimah, M., Suherti, H., & Kurniawan. (2023). Pengaruh Self-Concept Dan Self-Control Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Di E-Commerce. 1(4), 546–557.
Nurwahyuni, W. A., & Yuniasanti, R. (2023). Konsep Diri Dengan Perilaku Konsumtif. 6(2), 60–69.
Octaviani, C., & Kartasasmita, S. (2013). Pembelian Produk Kosmetik Pada Wanita Dewasa Awal. 126–133.
Oktarina, N. D., & Andrianingsih, V. (2021). Pengaruh Self-Actualization Dan Gaya Hidup Hangout Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Ramio Pada Generasi Milenial Kota Sumenep Nur Dita Oktarina 1 , Very Andrianingsih 2. 09(02), 100–111.
Paramansyah, A. (2020). Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah. 2(1), 88–107. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.
Pitoy, F. F., Korengkengr, L., Waleleng, M., & C., E. M. (2023). Hubungan Konsep Diri Dengan Gaya Hidup Hedonis Pada Komunitas Minahasa Vapers. 3, 1996–2010.
Pramesti, D. A., Manajemen, D., Magelang, U. M., Harsono, M., Manajemen, D., & Maret, U. S. (2023). Antropomorfisme Merek Dalam Kajian Filsafat Ilmu. 10, 56–80.
Putranto, I. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tupperware ( Studi Kasus Ibu Rumah Tangga Di Perumahan Kunciran , Tangerang ). 4(1).
Putri, S. E., & Riofita, H. (2024). Perubahan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Tantangan Pasar Konsumen Di Era Digital. 8(11), 253–260.
Refiana Andriani Kosasih, Nabila Azzahra Ramadhina, F. R. (2024). Anteseden Brand Love. 3(November), 370–380.
Rosilawati, W. (2024). Pengaruh Orientasi Fashion Dan Konsep Diri Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif Ditinjau Dalam Perspektif Islam. 2.
Safina, F., Oktaviani, A. I., Mubin, B., Wijaya, U., Purwokerto, K., & Artikel, I. (2024). Strategi Peningkatan Brand Awareness Untuk Umkm Program Kerja Pengembangan Branding Keripik Bayam Dan. 03(02), 223–231. Https://Doi.Org/10.56681/Wikuacitya.V3i2.249
Sakinah, N. L., & Suhardi, D. (2018). Citra Merek, Kepercayaan Merek Dalam Mewujudkan Loyalitas Merek Produk Aqua. 1(1).
Samha, A. C., Ramadhona, Y., Putri, M. Z., Effendi, F., Dinda, Puspaningrum, W., & Arribath, A. F. (2023). Upaya Meningkatkan Konsep Diri Dalam Mengatasi Cyberbullying Pada Remaja Di Era Society 5.0. 1(1), 8–16.
Saputri, M. E., & Moordiningsih. (2020). Pembentukan Konsep Diri Remaja Pada Keluarga Jawa Yang Bergama Islam. 04(02), 261–268.
Syafitri, S. (2014). Pengaruh Harga Diri Dan Kepercayaan Diri Dengan Aktualisasi Diri Pada Komunitas Modern Dance Di Samarinda. 2(2), 97–103.
Syahrani, H. Z., & Maulidizen, A. (2024). Pengaruh Atribut Produk Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menabung Generasi Milenial Di Bank Syariah Indonesia Di. 10(02), 1860–1870.
Thabroni, G. (2022). Brand (Merek): Pengertian, Komponen, Tujuan, Manfaat, Fungsi, Dsb. Serupa.Id. Https://Serupa.Id/Brand-Merek-Pengertian- Komponen-Tujuan-Manfaat-Fungsi-Dsb/
Ulviani, R., & Tedi Pitri, S.Ip., M. (2021). Pengaruh Persepsi, Konsep Diri, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perhiasan Di Toko Emas Pulau Indah. 2(2), 1–18.
Widiyanti, D., & Harti, H. (2021). Pengaruh Self-Actualization Dan Gaya Hidup Hangout Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Kekinian. 15(1), 50– 59. Https://Doi.Org/10.9744/Pemasaran.15.1.50