PENGARUH MODAL, DAN PENDAPATAN TERHADAP KESEJAHTERAN KARYAWAN PADA UMKM DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Main Article Content

Wira Hendri Wira Hendri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh modal dan pendapatan terhadap kesejahteraan karyawan pada UMKM di Kabupaten Lombok Timur. Sampel pada penelitian ini adalah para pelaku UMKM sebanyak 150 respon yang ditentukan secara acak. Teknik pengambilan data yang digunakan yairu dengan penyebaran kuesioner. Alat analisis pada penelitian ini yairu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan karyawan pada UMKM di kabupaten Lombok Timur. Pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan karyawan pada UMKM di kabupaten Lombok Timur.

Article Details

How to Cite
Wira Hendri, W. H. (2024). PENGARUH MODAL, DAN PENDAPATAN TERHADAP KESEJAHTERAN KARYAWAN PADA UMKM DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Jurnal Aplikasi Perpajakan, 5(1), 50-56. https://doi.org/10.29303/jap.v5i1.68
Section
Articles

References

Abdullah M.F., 2004. Manajemen Perbankan. Penerbit Universitas Muhammadiyah, Malang.
Agus,S. 2004. Artikel Membangun Fundamental Perbankan yang Kuat. Penerbit: Harian Media Indonesia, Jakarta
Anantanyu, Sapja. 2011. Kelembagaan Petani: Peran dan Strategi Pengembangan Kapasitasnya. SEPA, Vol. 7(2): 102-109.
Anggraini D, Nasution SH. 2013. Peranan kredit usaha rakyat (KUR) bagi pengembangan UMKM di Kota Medan (studi kasus Bank BRI). Jurnal Ekonomi dan Keuangan 1(3): 105–116.
Ariff, Faisal, dan Rekan, 1996. Bank, Strategi dan Operasional, Cetakan Pertama, Penerbit PT. Eresco, Bandung.
Daymon, Christine, dan Immy Holloway. 2008. Metode-metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan marketing Communications. Bentang Pustaka: Yogyakarta.
Dendawijaya, Lukman, Ir, MM, 2005, Manajemen Perbankan, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor, Indonesia
Emzir Ed. 2008. Metodologi penelitian pendidikan: kuantitatif dan kualitatif.-Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, .
Galeri UKM. 2011 Kriteria Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Online),(http://galeriukm.web.id/news/kriteria-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-umkm, diakses 1 oktober 2011.
Sudaryanto dan Hanim, Anifatul. 2002. Evaluasi kesiapan UKM Menyongsong Pasar Bebas Asean (AFTA) : Analisis Perspektif dan Tinjauan Teoritis. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, Vol 1 No 2, Desember 2002
Sudirman, I Wayan, 2013. Manajemen Perbankan Menuju Bankir Konvensional yang Profesional Edisi Pertama, Penerbit, Kencana Perdana Media Group, Jakarta.
Susilo, Y.Sri, Sigit Triandaru, dan A.Totok Budi Santoso, 2000. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Cetakan Pertama, Penerbit-Salemba Empat, Jakarta.
Sutopo, Wahyudi (2005) Hubungan Antara Lembaga Keuangan Mikro dan Kontribusi Usaha Kecil dalam Pengentasan Kemiskinan, Manajemen Usahawan Indonesia, No.01, XXX, Januari, hal 3-1