Pengaruh Kegunaan Coretax dan Kemudahan Akses Terhadap Minat Karier Mahasiswa Akuntansi Dengan Mediasi Literasi Pajak

Main Article Content

Herawati Khotmi
Feryansyah
Agus Khazin Fauzi

Abstract

Di era digitalnya ini, coretax mulai diberlakukan di awal tahun 2025 dan pelaporan SPT (Surat Pemberitahuan Orang Pribadi dan Badan mulai diberlakukan ditahun 2026. Untuk itu diperlukan adanya pemahaman dari pengguna dalam mengoperasikan coretax. Sehingga dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji Kegunaan Coretax, kemudahan akses, literasi pajak berpengaruh terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi berkarier dibidang   perpajakan. Selain itu literasi pajak memediasi hubungan antara kegunaan coretax dan kemudahan akses terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarier dibidang perpajakan. Metode analisis yang digunakan yaitu menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS-SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS 4.0. Hasil dari penelitian ini yaitu kegunaan coretax dan kemudahan akses berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarier dibidang perpajakan, sedangkan literasi pajak tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarier dibidang perpajakan. Disisi lain literasi pajak dapat memediasi hubungan antara kegunaan coretax dan kemudahan akses terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarier dibidang perpajakan. Disarankan sebaiknya dari pihak direktorat jendral pajak memberikan edukasi untuk menjalankan aplikasi coretax untuk mahasiswa yang bertujuan sebagai bekal mahasiswa dalam dunia kerja.

Article Details

How to Cite
Herawati Khotmi, Feryansyah, & Agus Khazin Fauzi. (2025). Pengaruh Kegunaan Coretax dan Kemudahan Akses Terhadap Minat Karier Mahasiswa Akuntansi Dengan Mediasi Literasi Pajak. Jurnal Aplikasi Perpajakan, 6(1), 1-18. https://doi.org/10.29303/jap.v6i1.111
Section
Articles

References

Abu-Silake, S., Alshurafat, H., Alaqrabawi, M., & Shehadeh, M. (2024). Exploring the key factors influencing the actual usage of digital tax platforms. Discover Sustainability, 5(1). https://doi.org/10.1007/s43621-024-00241-2
Amirul, S. M., Mail, R., Bakar, M. A., & Ripain, N. (2017). Information Technology Knowledge and Skills for Accounting Graduates: An Insight from Public Accounting Firms. Indian Journal of Science and Technology, 10(12), 1–6. https://doi.org/10.17485/IJST/2017/V10I12/112976
Darmayasa, I. N., & and Hardika, N. S. (2024). Core tax administration system: the power and trust dimensions of slippery slope framework tax compliance model. Cogent Business & Management, 11(1), 2337358. https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2337358
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008
Dermawan, A. S., Ferinia, R., & Karundeng, M. L. (2025). Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan pelayanan fiskus terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak. Fonduri de Investiţii, 14(1), 155–168. https://doi.org/10.34127/jrlab.v14i1.1307
Ernandi, H. (2022). The Influence of Accounting Student Perceptions About Taxes, Tax Brevet and Motivation on Career Interest in Taxation. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 14. https://doi.org/10.21070/ijler.v14i0.754
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2021). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=6z83EAAAQBAJ
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Handayani, N. (2024). Pemanfaatan Teknologi Blockchain untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Sistem Perpajakan: Tinjauan Literatur Sistematik. Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi, 10(2), 967–975. https://doi.org/10.53494/jira.v10i2.676
Hatane, S. E., Gunawan, F. A., & Pratama, S. W. (2021). Intrinsic motivation, career exposure, and quality of life: How do they influence the accounting students’ career choice? Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(3), 335–345. https://doi.org/10.11591/edulearn.v15i3.19870
Hidayanto, D. K., Aprilia, S., & Nababan, N. (2023). The Role of E-Filing, Perceived Ease of Use, and Perceived Usefulness in Improving Corporate Taxpayer Compliance. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 20(1). https://doi.org/10.36406/jam.v20i01.872
Maulana, M. R. A., & As’ari, H. (2024). The influence of taxation knowledge, motivation, perception, and self efficacy on accounting students’ interest in a career as tax consultants. Transekonomika Akuntansi Bisnis Dan Keuangan, 4(6), 1227–1240. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v4i6.799
Nesya, Z., Umamah, R., Kurniawan, H., & Wirawan, F. N. (2024). Pengaruh Reformasi dan Modernisasi Perpajakan terhadap Kepatuhan dan Penerimaan Pajak di Indonesia. Journal of Macroeconomics and Social Development, 1(4 SE-Articles), 19. https://doi.org/10.47134/jmsd.v1i4.365
Panjaitan, M. R., & Yuna, Y. (2024). Pengaruh Coretax terhadap Transparansi dan Akuntabilitas Sistem Perpajakan. Jurnal Riset Akuntansi, 2(4), 51–60. https://doi.org/10.54066/jura-itb.v2i4.2560
Rahmania, V., Nurhayati, & Arma Yuliza. (2021). ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP PEMILIHAN KARIR SEBAGAI KONSULTAN PAJAK (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pasir Pengaraian). AKPEM : Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Pemerintahan, 3(2 SE-Articles), 43–52. https://doi.org/10.30606/akpem.v3i2.1334
Ritayanti, N. M., & Masdiantini, P. R. (2022). Pengaruh Minat, Motivasi, Penghargaan Finansial, dan Pengetahuan tentang Pajak Terhadap Pilihan Berkarir di Bidang Perpajakan (Studi pada Mahasiswa Akuntansi yang Mengikuti Program Relawan Pajak). Vokasi: Jurnal, 11(1). https://doi.org/10.23887/vjra.v11i01.50039
Sari, G. E., Atichasari, A. S., & Ristiyana, R. (2023). Pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, kepuasan pengguna dan kesiapan teknologi informasi terhadap penggunaan e-filing. Jurnal Lentera Akuntansi Politeknik LP3I Jakarta, 8(1), 273. https://doi.org/10.34127/jrakt.v8i1.882
Saunders, M. N. K., Lewis, P., & Thornhill, A. (2019). Research Methods for Business Students ebook. Pearson. https://elibrary.pearson.de/book/99.150005/9781292208794
Tamburaka, S., Intihanah, & Hadisantoso, E. (2023). Analysis of Factors that Influence the Interest of Accounting Students in Choosing a Profession in the Field of Taxation. International Journal of Professional Business Review, 8(8 SE-Articles), e03420. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i8.3420
Togatorop, I., & Tipa, H. (2023). Ananlisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Berkarir Sebagai Konsultan Pajak. ECo-Buss, 6(2), 646–656. https://doi.org/10.32877/eb.v6i2.813