PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z MAHASISWA DI MATARAM

Main Article Content

Elmania Wahyuni

Abstract

Penelitian ini meneliti pengaruh literasi keuangan dan penggunaan digital payment terhadap perilaku konsumtif Generasi Z di Kota Mataram. Data dikumpulkan secara kuantitatif melalui kuesioner daring pada 100 mahasiswa. Hasil regresi linear berganda menunjukkan literasi keuangan (X1) berpengaruh positif signifikan dengan koefisien 0,207 dan nilai signifikansi 0,019 (<0,05), yang berarti pemahaman literasi keuangan yang lebih tinggi justru meningkatkan perilaku konsumtif, kemungkinan akibat kurangnya disiplin dalam pengelolaan keuangan. Penggunaan digital payment (X2) juga memiliki pengaruh positif signifikan dengan koefisien 0,435 dan signifikansi 0,000 (<0,05), didorong oleh kemudahan akses, kecepatan, keamanan, dan promosi platform digital. Secara simultan, kedua variabel menjelaskan 40,9% perilaku konsumtif, sementara 59,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti gaya hidup dan media sosial.

Article Details

How to Cite
Wahyuni, E. (2025). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z MAHASISWA DI MATARAM. Jurnal Aplikasi Perpajakan, 6(1), 395-407. https://doi.org/10.29303/jap.v6i1.141
Section
Articles

References

Adiputra, & Moningka. (2020). Gambaran Perilaku Konsumtif Terhadap Sepatu Pada Perempuan Dewasa Awal. Psibernetika, 5(2), 76–93. https://journal.ubm.ac.id/index.php/psibernetika/article/view/536
Azsahrah, S., Jasman, J., Asriany, & Ardhana, M. A. (2023). The Effect of Financial Literacy and Online Shopping on Student Consumptive Behavior. Jurnal Economic Resource, 6(1), 76–82. https://doi.org/10.57178/jer.v6i1.561
Dilasari, D., Mulyati, S., & Kurniawan, A. (2021). Pengaruh Financial Literacy, Life Style, Locus of Control Dan Demografi Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial Di Kota Subang. JASS (Journal of Accounting for Sustainable Society), 2(02), 56–77. https://doi.org/10.35310/jass.v2i02.671
Dunakhri, S. (2019). Uji Reliabilitas dan Normalitas Instrumen Kajian Literasi Keuangan. Prosding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 1–4.
Ernawati, R., & Prianjani, D. (2022). Analisis Risiko Penggunaan Alat Pelindung Diri Pencegah Penularan Covid-19. RADIAL : Jurnal Peradaban Sains, Rekayasa Dan Teknologi, 10(1), 120–131. https://doi.org/10.37971/radial.v10i1.272
Fadhilah, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Belanja Online, Gaya Hidup dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Business & Applied Management, 16(2), 141. https://doi.org/10.30813/jbam.v16i2.4293
Fungky, T., Sari, T. P., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Serta Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z pada Masa Pandemi (Studi Kasus Mahasiswa/I Manajemen Bisnis Syariah, Uin Raden Intan Lampung Angkatan 2019). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 82–98.
Geovani, I., Butar, B., & Rachman, A. A. (2024). Pengaruh digital payment pendapatan dekat terhadap perilaku konsumtif mahasiswa ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Lampung ) ini . Di masa lalu , internet digunakan untuk berkomunikasi dan promosi , namun kini fungsinya. 4(6), 3021–3035.
Iko Putri Yanti, W. (2019). Pengaruh Inklusi Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Di Kecamatan Moyo Utara. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1). https://doi.org/10.37673/jmb.v2i1.305
Isa, M., Lubis, H. A., & Chaniago, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Menggunakan Jasa Angkutan Penyeberangan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Sibolga. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 164–181. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.90
Jafar, M. K., Anggrainy, N. E., Suhardin, I., & Tohai, R. N. (2023). Gaya Hidup Dan Perilaku Konsumtif Remaja Di Kota Manado. Maqrizi: Journal of Economics and Islamic Economics, 3(1), 96–105. http://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/maqrizii
Janna, N. M. (2020). Variabel dan skala pengukuran statistik. Jurnal Pengukuran Statistik, 1(1), 1–8.
Jumawan, J., Susanto, E., Sefita, A., Maharani, P. A., Maharani, S., Febianti, V., Naufaly, M. S., & Riyanto, R. (2024). Implementasi Pemanfaatan Digital Payment (E-Wallet) Pada Kalangan Generasi Z. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(6), 2932–2938. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2973
Khando, K., Islam, M. S., & Gao, S. (2023). The Emerging Technologies of Digital Payments and Associated Challenges: A Systematic Literature Review. Future Internet, 15(1). https://doi.org/10.3390/fi15010021
Khayyirah, S., Kurniawan, R. A., & Gemilang, S. G. (2022). Analisis Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai Pada Tingkat Mahasiswa Universitas Islam Negeri Mataram Tahun 2021/2022. Society, 13(1), 7–17. https://doi.org/10.20414/society.v13i1.5297
Kumala, I., & Mutia, I. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Dompet Digital Terhadap Transaksi Retail Mahasiswa. Seminar Nasional Riset Dan Teknologi (SEMNAS RISTEK), 64–69.
Marpaung, O., Purba, D. M., & Maesaroh, S. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Aplikasi Fintech Dan Dampaknya Terhadap Literasi Keuangan. Jurnal Akuntansi, 10(1), 98–106. https://doi.org/10.37932/ja.v10i1.278
Maysaroh, H. (2021). Analisis Perilaku Keuangan Generasi Z dalam Cashless Society di Wilayah Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Pedoman Penulisan: Ekonomi Dan Bisnis, 2, 1–18.
Muhammad Adnan Faidh, Muhamad Esa Maulana, Ninda Ela Putri, Siti Indriyani Putri, Thasya Azhari Munir, & April Laksana. (2024). Peran Media Sosial X Dalam Perkembangan Komunikasi Di Era Digital. Konsensus : Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum Dan Ilmu Komunikasi, 1(6), 43–51. https://doi.org/10.62383/konsensus.v1i6.433
Muin, A. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif.
Mursalim, Oktaviani, A. R., & Abdullah. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Fintech Digital Payment dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Kota Makassar. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 6(2), 76–90.
Naufalia, V. (2022). Pengaruh Digital Payment dan E-Service Quality Terhadap Perilaku Konsumtif pada Pengguna Shopee Wilayah DKI Jakarta. Jurnal Pariwisata Bisnis Digital Dan Manajemen, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.33480/jasdim.v1i1.3011
Nurhidayanti., S., Syamsuddin, I., Abubakar, H., Fadel, & Irliandani, Z. (2024). Generation z financial management: lifestyle analysis and financial literacy. 7.
Nurmalia, G., Mutiasari Nur Wulan, & Zathu Restie Utamie. (2024). Gaya Hidup Berbasis Digital Dan Perilaku Konsumtif Pada Gen Z Di Bandar Lampung: Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee. Jurnal Rekoginisi Ekonomi Islam, 3(01), 22–32. https://doi.org/10.34001/jrei.v3i01.846
Oktaviani, M., Oktaria, M., Alexandro, R., Eriawaty, E., & Rahman, R. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 9(2), 136–145. https://doi.org/10.23887/jiis.v9i2.68587
Ono, S. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167
Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554
Quraisy, A. (2022). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42
Rahayu, K., Mulyadi, D., & Karawang, B. P. (2023). Pengaruh Digital Payment. Nanggroe : Jurnal Pengabdian Cendikia, 290(3), 290–298. https://doi.org/10.5281/zenodo.8066301
Rasyid, A. (2019). Perilaku Konsumtif Dalam Perspektif Agama Islam. Jurnal Hukum Ekonomi, 5(2), 172–186. https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/yurisprudentia/article/view/2128
Romadhon, F. A., & Nawawi, Z. M. (2024). Pengaruh Penggunaan Cashless dan Online Shopping Terhadap Perilaku Konsumtif Gen Z. Economic Reviews Journal, 3(1), 96–108. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i4.410
Rositasari, S. (2022). Penggunaan Pembayaran Non-Tunai (Cashless Payment) Berbasis Kartu dan Digital di Indonesia. Jurnal Ekonomi: Journal of Economic, 13(2), 163.
Rumbik, F. E. R. F. E., Kurniawan, R., & Ginting, R. (2024). Menguak Perilaku Konsumtif Generasi Z dalam Penggunaan Digital Payment dan Literasi Keuangan Berdasarkan Mental Accounting: Sebuah Studi Fenomenologi. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 12(2), 163–171. https://doi.org/10.26740/akunesa
Sari, N. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Digital Payment Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 2(3), 344–352. https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/355
Simarmata, R. E., Saerang, I. S., & Rumokoy, L. J. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Digital Payment, dan Self Control Perilaku Konsumtif Mahasiswa di FEB Univ Sam Ratulangi. Jurnal EMBA, 12(1), 462–475.
Sugiharti, H., Karawang, U. S., Maula, K. A., & Karawang, U. S. (2019). Journal of Accounting and Finance 2019 Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif perilaku pengelolaan keuangan. 4(02), 804–818.
Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55
Sutiyoso, B. U., Prihantika, I., Saputra, P. R., Fitriani, Y., & Destrilia, I. (2022). Peran Mahasiswa Dalam Pembangunan Politik Di Era Society 5.0 Dan Revolusi Industri 4.0. Nemui Nyimah, 2(1). https://doi.org/10.23960/nm.v2i1.29
Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A “missing” family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–14. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Yaldi, E., Pasaribu, J. P. K., Suratno, E., Kadar, M., Gunardi, G., Naibaho, R., Hati, S. K., & Aryati, V. A. (2022). Penerapan Uji Multikolinieritas Dalam Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan (JUMANAGE), 1(2), 94–102. https://doi.org/10.33998/jumanage.2022.1.2.89.