KENDALA DAN SOLUSI PENGISIAN DAN PELAPORAN E-FILING PPH PASAL 21 ATAS GAJI KARYAWAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MATARAM BARAT

Main Article Content

Faradilla Iqriani Ningsih
Emi Salmah

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui “Kendala Dan SolusiPengisian Dan Pelaporan E-FilingPPh Pasal 21 Atas Gaji KaryawanDi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Barat. Tujuan dari pelaksanaan PKL adalah Untuk mengetahui mekanisme pengisian dan pelaporan E-Filing PPh pasal 21 atas gaji karyawan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Barat, Untuk mengetahui kendala dan solusi pengisian dan pelaporan E-Filing PPh Pasal 21 atas gaji karyawan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Barat.


Berdasarkan hasil dan pembahasan yang diperoleh selama penelitian pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama yaitu mekanisme pelaporan dan pengisian E-Filing dilakukan melalui tiga tahap utama yaitu mengajukan permohonan E-FIN mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak E-Filing, dan menyampaikan SPT Tahunan secara E-Filing untuk Wajib Pajak Orang Pribadi. Dalam tiga tahap mengajukan permohonan E-Filingtersebut, Wajib Pajak harus terlebih dahulu mengurus pengajuan E-Fin dengan tahapan-tahapan yang ditentukan seperti menyediakan berkas-berkas atau syarat pengajuan E-Fin, yaitu kartu NPWP Wajib Pajak yang terdaftar, KTP yang terdaftar, dan formulir yang wajib di isi yang disediakan orang kantor pajak tersebut.Kemudian perbandingan mekanisme pengisian SPT Tahunan Wajib Pajak dengan sistem E-Filing yang terdaftar di KPP Pratama Mataram Barat dengan ketentuan Perpajakan yang berlaku, berdasarkan teori dengan Praktek Kerja Lapangan di KPP Pratama Mataram Barat sudah sesuai dengan landasan teori Perpajakan yang berlaku, seperti langkah-langkah atau pengisian dan pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan formulir SPT 1770S maupun 1770SS. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi dalam pengisianE-Filing antara lain wajib pajak belum melakukan registari akun DJP,kurangnya pengetahuan Wajib Pajak , server down , kesalahan pribadi Wajib Pajak seperti lupa email , lupa password , belum memiliki E-FIN, tidak memiliki email , tidak membawa bukti potong, dan malas melapor.


Simpulan dan saran epada petugas Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Barat untuk terus meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat tentang penyampaian laporan SPT Tahunan secara E-Filingagar banyak Wajib Pajak yang mengetahuidan memahami mekanisme pengisian E-Filing, serta memperbanyak pojok-pojok Pajak yang tersebar di berbagai desa dan memberitahukan jauh hari sebelum pelaporan SPT Tahunan dimulai.

Article Details

How to Cite
Ningsih, F. I., & Emi Salmah. (2021). KENDALA DAN SOLUSI PENGISIAN DAN PELAPORAN E-FILING PPH PASAL 21 ATAS GAJI KARYAWAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MATARAM BARAT. Jurnal Aplikasi Perpajakan, 2(2), 1-26. https://doi.org/10.29303/jap.v2i2.16
Section
Articles

References

Alwi, Muhammad, dkk, 2018, Pengantar Perpajakan, Buku Ajar, Universitas Mataram, Mataram.
Anonim, 2021, Buku Pedoman Praktek Kerja Lapangan (PKL), Prodi D3 Perpajakan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram, Mataram.
Anonim, 2021 (22 Maret 2021).Kendala dan solusi pengisian dan Pelaporan https://klikpajak.id/blog/berita-regulasi/kendala-saat-lapor-spt-tahunan-online-dan-solusinya/
Anonim, 2021 (5 Mei 2021). Pengisian SPT Tahunan E-Filing
https://pajak.go.id/sites/default/files/202002/Pengisian%20SPT%20Tahunan%20e-Filing.pdf
Diana, Anastasia, dan Lilis Setiawati, 2009, Perpajakan Indonesia Konsep, Aplikasi dan Penuntun Praktis , C.V Andi Ofset, Yogyakarta.
Hidayat, A. A., Yasin, M., & Jufri, A. (2021). Influence of Muslim-Friendly Facilities, Prices, and Locations On Decisions to Stay At Three And Four-Star Hotels In Mataram City. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5, 416–424. www.ajhssr.com
Mardiasmo, 2009, Perpajakan, Edisi Revisi, Andi, Yogyakarta
Tjahjono, Achmad, 2009, Perpajakan, Edisi Keempat, UPP STIM YKPN, Yogyakarta
Yasin, M., Surati, & Herman, L. E. (2021). DOES PRODUCT KNOWLEDGE AFFECT INTENTION TO USE ISLAMIC BANKING? THE ROLE OF CORPORATE IMAGE, PRODUCT QUALITY, AND. Review Literature And Arts Of The Americas, 178(August), 173–178.