ANALISIS KINERJA PEMUNGUTAN PAJAK DAERAH KOTA DAN KABUPATEN DI NUSA TENGGARA BARAT

Main Article Content

Fajriana
Lukman Effendy
Adhitya Bayu Suryantara

Abstract

Pemerintah daerah memiliki tanggungjawab untuk menjamin tersediannya dana dengan menggali dan mengelola potensi daerah masing-masing dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah. Untuk mewujudkan pemerataan pembangunan tersebut diperlukan sumber daya keuangan yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pemungutan pajak daerah kota dan kabupaten di Nusa Tenggara Barat. Untuk mengukur kinerja pemungutan pajak daerah ini digunakan empat rasio yaitu rasio efektivitas pajak daerah , rasio pertumbuhan pajak daerah, rasio elastisitas pajak daerah dan rasio kemandirian keuangan daerah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kota dan kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Hasil Penelitian menunjukan efektivitas pajak daerah di kota dan kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun 2015 hingga tahun 2020 secara rata-rata sebesar 105% yang termasuk dalam kategori. Pertumbuhan pajak daerah periode tahun 2015 hingga tahun 2020 di mengalami pertumbuhan positif sebesar 10%, namun cenderung mengalami penurunan. Elastisitas pajak daerah kota dan kabupaten periode tahun 2015 hingga tahun 2020 seberasr 1,46% yang termasuk dalam kategori elastis. Rasio kemandirian keuangan daerah kota dan kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada periode anggaran 2015-2020 secara keseluruhan kemampuan keuangan daerah rendah sekali dengan pola hubungan instruktif dan tingkat kemandirian keuangan daerah sebesar 13%.

Article Details

How to Cite
Fajriana, F., Effendy, L., & Suryantara, A. B. (2022). ANALISIS KINERJA PEMUNGUTAN PAJAK DAERAH KOTA DAN KABUPATEN DI NUSA TENGGARA BARAT. Jurnal Aplikasi Perpajakan, 3(1). https://doi.org/10.29303/jap.v3i1.24
Section
Articles

References

Agustin, Amelia. 2015. “Analisis Keberhasilan Hasil Pemungutan Pajak Dan Retribusi Daerah Pemerintah Kota Batu Terhadap Pendapatan Asli Daerah.”
Liantino, Wita. 2018. “Analisis Rasio Keuangan Daerah Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada Kantor Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Kekayaan Aset Daerah (BPPKAD) Di Kota Surakarta.” : 1–16.
Mardiasmo. 2018. PERPAJAKAN. terbaru. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Nugroho, Akram Arif. 2012. “Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Boyolali APBD 2008-2010.” Akuntansi.
Priyono, Primadita Fitriandi; Yuda Aryanto; Agus Puji. 2018. Komplikasi Undang- Undang Perpajakan Terlengkap. terbaru. Jakarta: Salemba Empat.
Saputra, Dori. 2014. “Analisis Kemandirian Dan Efektivitas Keuangan Daerah Pada Kabupaten Dan Kota Di Propinsi Sumatera Barat.”
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. 1st ed. Bandung: ALFABETA Bandung.
Waluyo. 2019. Perpajakan Indonesia. 12th ed. Salemba Empat.